Jumat, 26 September 2014

RANGKUMAN AGAMA KELAS 9 BAB 3

1.        Hari akhir atau akhirat adalah masa yang akan dialami seseorang setelah meninggal sebelum dan sesudahnya hari kiamat.
2.        Alam Barzah sering disebut alam kubur merupakan masa yang dilalui yang sudah meninggal sebelum terjadinya kiamat.
3.        Yaumul Qiyāmah atau hari kiamat adalah hari akhir  dari seluruh kehidupan dunia dan segala isinya serta awal dari kehidupan di akhirat (akhir).
4.        Yaumul Ba’as adalah masa bangkitnya kehidupan manusia dari alam barzah setelah terjadinya kiamat.
5.        Yaumul Mahsyar adalah masa berkumpulnya manusia di alam (padang) mahsyar setelah dibangkitkan dari kubur untuk menerima catatan amal selama hidup di dunia.
6.        Yaumul Mizan merupakan masa ditimbangnya bik buruk amal seseorang untuk menentukan apakah ia akan masuk surga atau neraka.
7.        Surga adalah tempat yang penuh kenikmatan sebagai balasan bagi seseorang yang beriman dan beramal saleh, serta orang-orang yang diampuni dosanya oleh Allah swt.
8.        Neraka adalah tempat yang penuh siksaan dan penderitaan sebagai balasan bagi orang-orang yang kafir atau orang orang berdosa yang tidak diampuni oleh Allah swt.

9.        Kehidupan di surga dan neraka sifatnya abadi, artinya tidak ada lagi kehidupan sesudahnya. Oleh karena itu seseorang yang banyak beramal saleh akan selamanya hidup di surga, sedangkan orang kafir atau dosanya yang tidak diampuni oleh Allah swt. akan hidup selamanya di neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar